Kamis, 06 Juni 2013

Al-Mujib

Allah langsung menjawab,
Allah memberikan jawaban yang mereka membutuhkan
Allah akan menjawab doa-doa kami dan memenuhi kebutuhan kita
sebagaiman Dia melihat yang terbaik

(11:61) Hud – Surah HUUD

Dan kepada Tsamud [Kami utus] saudara mereka Saleh. Saleh berkata: “Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia.
Dia telah menciptakan kamu dari bumi [tanah] dan menjadikan kamu pemakmurnya[4], karena itu mohonlah ampunan-Nya, kemudian bertaubatlah kepada-Nya.
Sesungguhnya Tuhanku amat dekat [rahmat-Nya] lagi memperkenankan [do’a hamba-Nya].” (61)

Linguistik umum, baik kata benda ijaba dan istijaba berarti pada dasarnya sama, dan “al-Mujeeb” memiliki dua makna:
  • Pertama: Dia Yang menjawab permohonan.
  • Yang lainnya adalah: Dia Yang memberikan apa yang Ia memohon.
Al-Mujeeb, Allah, menanggapi permohonan dari mereka yang memohon kepada-Nya dan membantu mereka, baik yang menjawab doa mereka yang memohon kepada-Nya, Siapa yang menghilangkan kebutuhan dari mereka yang membutuhkan dan memberikan mereka secukupnya.
Dia bahkan memberi sebelum diminta dan menerima bahkan sebelum sedang memohon. Dia tahu kebutuhan mereka yang membutuhkan sebelum mereka berdoa kepada-Nya, dan Dia sejak kekekalan mengetahui semua kebutuhan mereka, sehingga Ia telah memberikan mereka cara untuk memenuhi semua kebutuhan mereka.
Dia menciptakan makanan dan segala jenis makanan untuk mereka, Dia menciptakan alat dan sarana untuk mendapatkan alat tersebut ke tangan mereka yang membutuhkannya.
Al-Mujeeb menanggapi permohonan dari mereka yang memohon kepada-Nya. Sejak zaman dahulu, Dia tahu sebelumnya apa yang mereka butuhkan.
Dia pergi untuk menyelamatkan mereka yang sangat membutuhkan bantuan, dan Ia tidak mengecewakan siapa pun yang memohon kepada-Nya.
Tema ini berulang cukup sering sepanjang Al-Qur’an. Contohnya adalah:
Sesungguhnya Nuh telah menyeru Kami: maka sesungguhnya sebaik-baik yang memperkenankan [adalah Kami]. (QS. 37:75)
Jadi Tuhan mereka menerima doa mereka:
Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya [dengan berfirman], “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, [karena] sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain.
Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku-hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik.” (QS. 3:195)
Dan [ingatlah kisah] Ayyub, ketika ia menyeru Tuhannya: “[Ya Tuhanku], sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”. (QS. 21:83)
Maka Kamipun memperkenankan seruannya itu, lalu Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya, dan Kami lipat gandakan bilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah Allah. (QS. 21:84)
Atau siapakah yang memperkenankan [do’a] orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo’a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu [manusia] sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan [yang lain]? Amat sedikitlah kamu mengingati [Nya]. (QS. 27:62)
Anda mencari bantuan dari Tuhanmu, sehingga Dia menjawab Anda:
[Ingatlah], ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu: “Sesungguhnya Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut-turut”. (QS. 8:9)
Ketika hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku,
Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka [jawablah], bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila ia memohon kepada-Ku,
maka hendaklah mereka itu memenuhi [segala perintah] Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran. (QS. 2:186)
Dan Tuhanmu berfirman:
Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina“. (QS. 40:60)
Bagi mereka yang menanggapi Tuhan mereka ada kebaikan, dan mereka yang tidak merespon kepada-Nya, seandainya mereka memiliki semua yang ada di bumi dan sejenisnya daripadanya dengan itu, mereka pasti akan menawarkan untuk tebusan.
Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, [disediakan] pembalasan yang baik.
Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua [kekayaan] yang ada di bumi dan [ditambah] sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu.
Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahannam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman. (QS. 13:18)
Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan. (QS. 8:24)
Allah mampu menanggapi dengan berbagai cara. Ketika beberapa teman-Nya membutuhkan sesuatu, Dia memenuhi kebutuhan mereka, dan Dia bahkan mungkin membuat beberapa keadaan sengaja sulit bagi mereka hanya untuk menguji mereka dan meningkatkan status mereka karena ketekunan mereka, dan mereka berterima kasih kepada-Nya selama masa kemudahan serta waktu yang sulit.
Jadi ketika mereka hampir kehilangan harapan, Dia datang untuk menyelamatkan mereka dengan imbalan yang indah dan dengan indikasi yang Nya senang dengan mereka.
Allah menjamin bagi hamba-Nya bahwa Dia akan merespon menguntungkan untuk berdoa di jalan yang Dia tahu demi kepentingan terbaiknya, dan pada saat yang Dia pilih, bukan waktu yang dipilih oleh hamba-Nya.
Maka, tidak kehilangan harapan karena keterlambatannya dalam menjawab pernyataan anda, untuk seperti penundaan mungkin terbukti lebih baik untuk Anda.
Semoga Allah bahkan memilih untuk memberikan Anda lebih baik dari apa yang Anda minta kepada-Nya, maka, memohon kepada-Nya sebagai salah satu yakin akan respon baik-Nya.
Rasulullah sering mengatakan,
Mohonlah kepada Allah dan bukti dari jawaban-Nya kepada permohonan Anda, dan diketahui bahwa Allah tidak menjawab permintaan dari orang yang lalai, acuh tak acuh.” (al-Tirmidzi)
Dia juga mengatakan,
Tidak memohon kepada Allah Muslim permohonan dimana tidak ada keinginan untuk berbuat dosa maupun pemutusan ikatan kekerabatan kecuali bahwa Allah akan memberinya salah satu dari tiga penghargaan yang baik: Allah akan memberinya respons langsung, atau Ia dapat menyimpan pahala baginya dalam kehidupan akhirat, atau Dia dapat menyimpan setara kejahatan darinya.
Teman-temannya berkata, “Kemudian kita akan memohon kepada-Nya banyak,”
Dia berkata, “Sesungguhnya Allah masih lebih besar!”
Rasulullah mengatakan,
Bila Anda memiliki pembelaan, memohon kepada Allah, dan setiap kali Anda perlu bantuan, mencari bantuan dari Allah.
Dalam catatan lain, katanya,
Allah terlalu malu untuk mengecewakan salah satu dari hamba-Nya yang memohon kepada-Nya untuk sesuatu yang baik.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar